Rabu, 03 Agustus 2011

yamaha new scorpio vs honda tiger

Perihal Desain dan  Tampilan dari  Motor Facelift
Yamaha New Scorpio dan Honda Tiger Revolution sama sama mengandalkan facelift dalam menyegarkan tampilanya. Jadi bisa dibilang nggak usah repot menilai mesin. Nah buat kategori ini subjektif banget sih. Tapi kalo menurut mbah masing masing ada plus minusnya. Ini subjektif mbah ya, … mulai dari ban depan, batok lampu sampai tangki mbah pilih desain Tiger Revolution. Kenapa? seolah terjadi kesinambungan antara penempatan ban, spakbor hingga posisi headlamp terhadap shroud air scoop tangki. Hal yang berlawanan justru terjadi sebaliknya di Scorpio. Sedangkan dari tangki ke belakang tampilan New Scorpiop lebih modern, apalagi dengan suspensi monoshocknya. Sayang New Scorpio belum menganut cakram belakang. Ini berpengaruh besar dari tampilanya.
Kesmipulan : Honda Tiger (1) unggul tipis di sektor ini dibanding Yamaha Scorpio (0)
Performa dari the two old Dogs !
Yamaha New Scorpio :
  • Gearbox : Manual 5 speed
  • Tenaga : 18.2 ps / 8000 rpm
  • Torsi : 17.5 nm / 6500 rpm
  • Bobot : 141 kg
  • Power to Weight Ratio : 0.12 hp / kg
Honda new Tiger Revolution
  • Gearbox : Manual 6 speed
  • Tenaga : 16.7 ps / 8500 rpm
  • Torsi : 16.0 nm / 6000 rpm
  • Bobot : 139 kg
  • Power to Weight Ratio : 0.12 hp / kg
Sepertinya untuk di sektor ini yah No Contest lah! Yamaha Scorpio unggul dibanding Honda Tiger revolution. Apalagi bila dikaitkan dengan faktor yang akan dikomparasikan yaitu sasis. meski power to weight rationya serupa tetapi nanti di putaran atas akan ada perbedaan tipis.
Kesimpulan : Honda Tiger (1)  Kalah tipis di sektor ini dibanding Yamaha Scorpio (1)
Frame : Stereo dan Monoshock is matter !
Sebut saja motor modern. Suspensi monoshock mutlak lebih unggul dibanding suspensi stereo. Perihal ambles tidaknya suspensi itu berkaitan dengan kwalitas produksi pabrikan. Namun dalam prinsipnya jelas Suspensi Monoshok lebih baik untuk bermanufer dan meredam bobot.
Kesimpulan : Honda Tiger (1)  Suspensi monoshock Yamaha Scorpio memberi keunggulan (2)
Harga Motor dan Value for money
Harga honda tiger Revolution lebih mahal ketibang Yamaha new Scorpio. Tetapi melihat kesuksesan keduanya di pasar memang membuktikan Tiger lebih diminati dibanding kalajengking. Imbasnya resale value honda Tiger lebih baik sedikit dibanding Yamaha Scorpio yang kurang populer.
Kesimpulan : Honda Tiger (2) memiliki harga dan resale value lebih oke dibanding Yamaha Scorpio (2)’
Final Verdict
Baik Yamaha Scorpio dan Honda Tiger merupakan produk Facelift. Setelah dikomparasi keduanya sama baik, tetapi masalahnya Tiger Revolution merupakan produk Iconic sebaliknya Scorpio memang nggak pernah benar benar bisa menjadi penantang Tiger. Belum lagi Scorpio juga dikeroyok oleh V-Ixion dan sebentar lagi Byson yang benar benar menggoda. Sebaliknya NMP dengan pas di posisikan berbeda dengan si macan. Nah kayaknya untuk ini mbah ngikutin selera pasar, Tiggy Revolution sedikit unggul dibandingkan Scorpio. Jika ngebet yamaha kok mbah milih Byson ya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar